Blog

Pentingnya Produk Kecantikan Berizin BPOM

November 18, 2019
Pentingnya Produk Kecantikan Berizin BPOM image

Penting bagi para profesional, baik Anda pebisnis klinik kecantikan maupun dokter kecantikan untuk menggunakan produk skincare yang sudah berizin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Mengapa demikian? Suatu produk kecantikan yang tidak terdaftar atau tidak memiliki nomor izin dari BPOM biasanya memiliki kandungan yang bukan hanya berbahaya karena dapat menyebabkan reaksi alergi. Bahan-bahan berbahaya yang biasanya beredar adalah merkuri dan hidroquinon.


Merkuri merupakan salah satu bahan yang paling banyak ditemukan pada produk yang tidak memiliki nomor izin BPOM. Walaupun tidak sedikit yang mengatakan bahwa produk yang mengandung merkuri memberikan efek yang lebih cepat daripada produk dengan nomor edar dari BPOM, perlu diketahui bahwa merkuri dapat menyebabkan masalah kesehatan, baik untuk tubuh maupun jaringan kulit dengan efek yang sangat berbahaya. Kandungan merkuri yang tersimpan di bawah jaringan kulit lama kelamaan dapat kembali muncul ke permukaan kulit dan menyebabkan flek hitam yang lebih parah.


Selain pada kulit, produk kecantikan, khususnya krim, yang mengandung merkuri akan masuk ke dalam tubuh dan ke peredaran darah. Dinding pembuluh darah yang biasanya sudah memiliki flek dari lemak dan juga kalsium yang dikonsumsi ketika ditambah dengan kandungan merkuri yang masuk ke dalam pembuluh darah dapat membuat lapisan plak yang dapat menutup jalur peredaran darah. Jika penyumbatan pembuluh darah tersebut terjadi pada otak, potensi masalah kesehatan seperti stroke dapat terjadi.



Kandungan berbahaya lainnya adalah hidroquinon. Hidroquinon adalah bahan aktif yang digunakan untuk menangani hiperpigmentasi yang terjadi pada kulit. Hiperpigmentasi adalah penggelapan bagian-bagian kulit yang umumnya terjadi setelah peradangan, misalnya bekas jerawat, bekas luka, atau bintik-bintik cokelat karena paparan sinar matahari.

Kemampuan hidroquinon yang luar biasa untuk menghambat pembentukan melanin menjadikannya sebagai bahan kosmetik yang populer sebagai produk pencerah kulit. Penggunaan hidroquinon yang berlebihan (di atas konsentrasi 4%) dalam jangka panjang berpotensi menyebabkan vitiligo atau leukoderma, yaitu penyakit kulit yang dicirikan dengan hilangnya pigmen kulit akibat disfungsi atau matinya melanosit, serta ochronosis, salah satu bentuk skin discoloration langka yang membuat beberapa area kulit menjadi kebiruan.


Produk kecantikan dan skincare berizin BPOM dipastikan telah diformulasikan dengan baik dan melewati berbagai tahap yang aman. Bagi Anda para profesional, pastikan Anda menggunakan produk kecantikan atau skincare yang telah mengantongi izin dari BPOM. Produk skincare Dr. Spiller Indonesia telah terdaftar dan berizin BPOM serta diimpor secara legal melalui jalur bea cukai.

Gunakan produk Dr. Spiller sehingga Anda dapat nyaman dalam berbisnis dan dilindungi oleh hukum. Kunjungi www.drspiller.id untuk katalog lengkapnya!

from has purchased
about ago