Blog

3 Rahasia Mekanisme pH Kulit dan Produk Skincare

February 12, 2020
3 Rahasia Mekanisme pH Kulit dan Produk Skincare image

Atasi Berbagai Masalah Kulit dengan Menjaga Keseimbangan Tingkat pH Kulit

Jerawat, produksi minyak berlebih, kulit kering, kemerahan, dan sensitif, merupakan segelintir permasalahan kulit yang biasa dialami oleh sebagian orang. Perlu diketahui ternyata hanya karena ketidakseimbangan tingkat pH kulit dapat memicu timbulnya berbagai permasalahan tersebut.





pH adalah singkatan dari potential of hydrogen, yakni derajat keasaman yang digunakan untuk mengukur tingkat keasaman atau kebasaan dari segala hal, salah satunya kulit. Skala pH berkisar antara 1-14. Tingkat pH 7 artinya bersifat netral, pH <7 artinya bersifat asam, dan pH >7 artinya bersifat basa.



FACT : Tingkat pH kulit diatur oleh kelenjar minyak (sebaceous gland), yang memproduksi lapisan minyak pelindung alami kulit bernama acid mantle. Mekanisme perlindungan alami kulit oleh acid mantle ini akan bekerja optimal pada tingkat pH kulit ideal/normal yaitu 5.5.



Berikut ini 3 fakta mengenai tingkat pH kulit dan produk skincare :



1. pH Basa Dari Facial Cleanser Dapat Membuat Kulit Kering


Sabun pembersih wajah yang mengandung bahan deterjen (sulfat – SLS/SLES) alkali dapat meningkatkan pH kulit menjadi basa. Saat kulit memiliki tingkat pH basa, kemampuan kulit untuk mengunci kelembaban akan berkurang. Hal ini dikarenakan acid mantle tidak dapat bekerja optimal pada keadaan basa. Maka dari itu, air yang memiliki tingkat pH 7 dan facial cleanser yang bersifat basa kerap membuat kulit menjadi kering dan rawan iritasi. Untuk itu, gunakanlah facial cleanser  yang sesuai dengan pH kulit dan tidak mengandung deterjen (sulfat – SLS/SLES).



2. pH Asam Membuat Kulit Merah, Meradang, Dan Rawan Berjerawat

Biasanya produk skincare untuk eksfoliasi memiliki pH yang asam. Proses eksfoliasi sesekali memang dibutuhkan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu regenerasi sel kulit. Selain itu terkadang produk skincare dengan pH asam pun diperlukan untuk melawan bakteri jerawat pada kulit. Namun perlu diingat bahwa penggunaan produk skincare untuk eksfoliasi ini tidak boleh digunakan secara berlebihan. Over-exfoliating akan membuat pH kulit menjadi tidak seimbang dan merusak acid mantle, sehingga  menyebabkan kulit menjadi semakin sensitif dan mudah berjerawat.



3. Produk skincare tidak bisa bekerja efektif pada kulit yang memiliki tingkat pH tidak seimbang



Acid mantle yang berfungsi sebagai pelindung alami kulit dari radikal bebas seperti debu, polusi, dan sinar UV, akan bekerja optimal pada pH kulit yang seimbang yaitu di sekitar skala pH 5.5. Ketika pH kulit kulit tidak seimbang (terlalu asam atau basa), maka akan menimbulkan permasalahan kulit (kering, sensitif, jerawat) akibat acid mantle tidak berfungsi maksimal. Di sisi lain, manfaat produk skincare umumnya diujikan pada kulit dengan tingkat pH yang normal dan seimbang. Oleh karena itu, pH kulit yang tidak  seimbang akan membuat khasiat produk skincare tidak bisa terserap secara efektif ke dalam kulit.



Lantas sekarang, bagaimana cara menyeimbangkan pH kulit?

Gunakan toner pada tahap awal skincare routine (setelah mencuci wajah dan sebelum menggunakan serum, dllnya). Fungsi utama dari toner adalah untuk menyeimbangkan kembali pH kulit setelah terkena air dan facial cleanser pada tahap pembersihan wajah. Jadi dengan kata lain, toner juga berperan untuk mempersiapkan kulit agar dapat lebih optimal menyerap produk skincare yang digunakan setelahnya.



Sensitive Toner with Aloe dari Dr. Spiller selain berfungsi untuk menyeimbangkan kembali level optimal pH kulit, juga dapat memberikan hidrasi untuk kulit. Dengan formula yang ringan dan cair, toner ini mengandung Aloe Vera yang kaya akan antioksidan & bersifat anti-inflamasi (memberi efek menenangkan untuk kulit iritasi/sensitif), juga mengandung Urea yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ikat air pada kulit (menghidrasi).




For more skincare tips, follow us on :

Instagram @drspillerid

Facebook Page Dr.Spiller-Indonesia

Also visit us and shop at : www.drspiller.id

from has purchased
about ago