Blog

Wajib Tahu! Bahaya Sinar UV Sebabkan 2 Permasalahan Kulit yang Paling Ditakuti Kaum Perempuan

February 26, 2020
Wajib Tahu! Bahaya Sinar UV Sebabkan 2 Permasalahan Kulit yang Paling Ditakuti Kaum Perempuan image

Sinar ultraviolet (UV rays) merupakan sinar matahari yang sampai di bumi dan akrab menemani kita setiap hari. Selain bermanfaat sebagai sumber panas dan membantu produksi vitamin D dalam tubuh yang berguna untuk menjaga daya tahan (imun) dan pertumbuhan tulang, nyatanya paparan sinar matahari yang berkepanjangan dan intens dapat berbahaya bagi kulit.

 

Sinar UV dapat dibedakan mejadi dua, yakni UVA dan UVB. Sinar UVA memiliki panjang gelombang 100-290 nanometer (nm). Sementara UVB memiliki panjang gelombang 290-320 nm. Semakin panjang gelombang sinar UV, maka semakin besar pula risiko kerusakkan yang ditimbulkannya kepada kulit. Paparan sinar UVA yang terlalu intens dapat memicu penuaan dini, sedangkan UVB dapat mengakibatkan luka terbakar (sunburn).





Inilah 2 bahaya yang dapat ditimbulkan oleh paparan sinar UV kepada kulit yang tidak  terproteksi sunscreen (SPF) :



1. Early Aging Skin

Artinya kulit Anda terlihat lebih tua dari kondisi kulit yang seharusnya dimiliki oleh orang-orang  seusia Anda. Ini disebabkan karena sinar UVA dapat menembus lapisan dermis kulit dan merusak sel-sel kulit yang berada di lapisan tersebut. Bila sinar UV telah merusak serat kolagen dan elastin dalam kulit, maka kulit akan tampak keriput, kendur (elastisitas kulit berkurang), dan juga memperbesar tampilan pori-pori (sagging pores).



2. Sunspots Hyperpigmentation & Skin Darkening

Terpapar sinar matahari (UVB) dalam waktu yang sangat lama dan tanpa proteksi sunscreen, tentu dapat menyebabkan sunburn. Kulit yang terbakar sinar matahari ini akan menjadi sensitif, berwarna merah, terkelupas, kering, dan terasa perih. Selain itu, paparan sinar matahari yang intens juga dapat memicu produksi pigmen melanin berlebih dalam kulit. Pelepasan pigmen ini sebenarnya termasuk reaksi alami kulit untuk membangun sistem pertahanan/perlindungan tambahan. Namun bila pigmen melanin ini terus-menerus terproduksi, maka akan menyebabkan penggelapan warna kulit secara keseluruhan dan bintik-bintik sunspots.



Cegah kerusakkan kulit dari sinar UV dengan perlindungan sunscreen!

Gunakan sunscreen setiap pagi/siang hari sebelum Anda beraktivitas. Anda dapat mengaplikasikan sunscreen di tahap terakhir pada skincare routine Anda. Perlu Anda ketahui bahwa sinar UV pun dapat menembus masuk ke dalam ruangan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap memakai sunscreen sekalipun Anda beraktivitas di dalam ruang. 



TIPS Memilih Sunscreen

Pilihlah sunscreen yang memberikan proteksi ganda UVA dan UVB (broad spectrum), yaitu sunscreen yang mengandung SPF (perlindungan dari sinar UVB) dan PA (perlindungan dari sinar UVA). Semakin besar tingkat SPF dan PA, maka semakin lama pula durasi dan intensitas proteksi yang diberikannya terhadap sinar matahari. Itulah kenapa banyak produk sunscreen yang kini dipasarkan dengan kandungan SPF dan PA yang tinggi, misalnya SPF 50 PA++++. Tujuannya untuk mempermudah penggunanya, agar tidak perlu terlalu sering mengaplikasikan kembali sunscreen (reapply) selama beraktivitas sehari-hari.



For more skincare tips, follow us on :

Instagram @drspillerid

Facebook Page Dr.Spiller-Indonesia

Also visit us and shop at : www.drspiller.id


from has purchased
about ago