Blog

3 Tips Cara Merawat Kulit Dehidrasi

March 12, 2020
3 Tips Cara Merawat Kulit Dehidrasi image

Kulit Dehidrasi dan Kulit Kering Ternyata Berbeda?



Dry skin (kulit kering) merupakan tipe/jenis kulit yang berkaitan dengan faktor genetik, sedangkan dehydrated skin (kulit dehidrasi) merupakan suatu kondisi kulit yang berlangsung sementara dan bisa saja dialami oleh semua tipe/jenis kulit, termasuk pemilik kulit berminyak sekalipun.

 

  • Tipe kulit kering memiliki kadar minyak yang sedikit, sehingga membuat kelembaban kulit cepat menghilang. Biasanya terlihat dari kulit yang terasa kasar, kering, dan bersisik.
  • Kondisi kulit dehidrasi adalah kulit yang kekurangan cairan (kadar air/hidrasi). Biasanya kondisi kulit ini ditandai dengan kulit yang terasa kencang seperti tertarik dan kulit mengelupas (dry patches), tetapi pada saat yang sama kulit juga berminyak. Produksi minyak berlebih ini dikarenakan kadar hidrasi (air) pada lapisan kulit terluar (stratum corneum) minim, sehingga kulit semakin banyak memproduksi minyak sebagai bentuk respon dari kekurangan cairan. Padahal yang dibutuhkan kulit dengan kondisi ini adalah kadar air (hydration), bukan minyak (moisture).

 

Berikut 3 tips mengatasi kulit dehidrasi.



1. Hindari menggunakan facial cleanser yang mengandung SLS/SLES

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Sodium Laureth Sulfate (SLES) adalah sejenis bahan deterjen pembersih yang berfungsi untuk mengangkat kotoran dan minyak pada kulit kita. Namun kedua bahan ini cenderung membuat kulit kita terasa kering tertarik dan kesat setelah menggunakannya . Pilihlah pembersih wajah yang  efektif mengangkat kotoran, tetapi tetap mild sehingga tidak menghilangkan kelembaban alami kulit.



2. Gunakan produk skincare yang bersifat humektan

Bahan skincare yang bersifat humektan artinya dapat mengikat/menarik lebih banyak air ke dalam kulit kita. Hal ini bertujuan untuk menyuplai dan meningkatkan kadar hidrasi dalam kulit. Salah satu agen humektan yang baik dan kerap dijumpai dalam produk skincare yaitu hyaluronic acid.

FACT : Hyaluronic Acid memiliki kemampuan menahan/mengikat air hingga 1000x beratnya dalam molekul air, serta mampu untuk mempertahankan kelembaban tersebut.



3. Selalu gunakan sunscreen pada AM skincare routine

Sinar UV dari matahari dapat mengiritasi dan memicu kondisi kulit dehidrasi. Untuk itu, selalu lindungi kulit kita dengan sunscreen sebelum beraktivitas pada pagi/siang hari. Sesuaikan tingkat SPF sunscreen dengan jenis aktivitas yang kita jalankan. Gunakan sunscreen dengan tingkat SPF yang cukup tinggi (>50) bila akan menghabiskan waktu lama untuk beraktivitas di luar ruang. Jangan lupa juga untuk reapply sunscreen setiap 2 jam.




For more skincare tips, follow us on :

Instagram @drspillerid

Facebook Page Dr.Spiller-Indonesia

Also visit us and shop at www.drspiller.id

from has purchased
about ago