Blog

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Memakai Sunscreen

March 25, 2020
4 Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Memakai Sunscreen image

Apakah kamu melakukan kesalahan ini juga?

Awareness akan pentingnya memakai sunscreen, baik saat berakitivitas outdoor ataupun indoor, untuk melindungi kulit dari efek negatif UVA dan UVB memang sudah mulai meningkat. Mungkin kamu sudah memasukkan sunscreen sebagai salah satu produk yang kamu pakai di AM skincare routine kamu. Namun apakah kamu sudah memakai sunscreen dengan tepat, sehingga bisa maksimal memberikan proteksi untuk kulit kamu?

 

Berikut ini 4 kesalahan yang masih sering dilakukan oleh orang-orang dalam memakai sunscreen.



1. Tidak memakai sunscreen dalam takaran yang cukup

Mungkin sebagaian dari kamu merasa bahwa sunscreen yang kamu pakai memiliki tekstur yang kurang nyaman di kulit, misalnya lengket atau berminyak. Dan karena hal tersebut, kamu jadi hanya memakai sedikit sunscreen (layer yang tipis). Faktanya untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal, sunscreen harus dipakai dalam takaran yang tepat, yaitu 2 mg /cm2 kulit wajah kamu, yang kurang lebih setara dengan 2 jari tangan atau ½ sendok teh untuk pengaplikasian seluruh bagian wajah, telinga, dan leher. Bila kamu  memakai sunscreen kurang dari takaran tersebut, maka sama saja kulit kamu tidak mendapatkan perlindungan yang maksimal.


2. Tidak memakai sunscreen di seluruh area yang terpapar sinar matahari

Kebanyakan orang terlalu fokus hanya pada area wajah. Area lain seperti leher, telinga, belakang telinga, atau area lainnya yang sebenarnya terpapar sinar matahari juga menjadi terlewatkan. Apalagi kalau kamu memiliki rambut yang pendek atau kamu suka mengikat rambut, maka sangat penting untuk mengaplikasikan sunscreen di area belakang leher kamu juga. Dan tentunya bagian tubuh seperti tangan dan kaki juga perlu dilindungi oleh sunscreen.


3. Tidak reapply sunscreen!

Kalau kamu perhatikan kemasan produk sunscreen, pasti terdapat keterangan yang menyarankan untuk reapply sunscreen setiap 2-3 jam sekali. Hal ini memang seharusnya dilakukan. Mengapa? Karena sebenarnya sunscreen cukup mudah untuk terhapus dari kulit kita. Kalau kita berkeringat, kita mengelap wajah dengan tisue, atau bahkan wudhu misalnya, maka sunscreen yang tadinya kita pakai sudah pasti terhapus/berkurang efektivitasnya untuk melindungi kulit kita. Kenyataannya memang tidak ada sunscreen yang benar-benar 100% waterproof. Oleh karena itu, setelah kamu beraktivitas beberapa jam, kamu perlu me-reapply sunscreen untuk memastikan kulit kamu tetap mendapatkan perlindungan yang maksimal.


4. Hanya mengandalkan SPF yang sudah terkandung dalam moisturizer/makeup yang kamu  pakai (tidak memakai sunscreen yang terpisah)

Banyak perempuan yang memakai moisturizer atau produk makeup yang mengklaim mengandung sunscreen juga, lalu merasa kulitnya sudah cukup terlindungi dari sinar matahari dengan hal tersebut. Faktanya ini merupakan hal yang salah. Mengapa? Alasan pertama kembali pada point no. 1, untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal kita perlu memakai sunscreen dalam takaran yang cukup. Masalahnya apakah kamu yakin akan memakai moisturizer atau makeup (foundation/powder) sebanyak itu untuk mengcover seluruh wajah, leher, dan telinga kamu? Tentu kemungkinan besar jawabnnya adalah tidak. Jadi kesimpulannya berarti perlindungan yang kamu dapatkan dari SPF dalam produk-produk tersebut belum cukup. Alasan kedua, moisturizer atau produk makeup yang mengandung sunscreen belum tentu mengandung broad spectrum protection dari UVA dan UVB. Jadi ini adalah 2 hal yang harus jadi pertimbangan bila kamu memutuskan untuk tidak memakai produk sunscreen yang terpisah.


Itulah 4 kesalahan yang paling sering dilakukan orang dalam memakai sunscreen. Apakah kamu juga masih melakukan salah satunya? Kalau iya, maka kamu perlu segera memperbaiki kebiasaan kamu ya.


 

For more skincare tips, follow us on :

Instagram @drspillerid

Facebook Page Dr.Spiller-Indonesia

Also visit us and shop at www.drspiller.id

from has purchased
about ago