Blog

5 Akibat Menyeramkan Bila Tidak Membersihkan Wajah Sebelum Tidur Malam

March 18, 2020
5 Akibat Menyeramkan Bila Tidak Membersihkan Wajah Sebelum Tidur Malam image

Aktivitas yang berat sehari-hari membuat kita terkadang menjadi malas untuk bersih-bersih. Mayoritas dari kita yang sudah lelah, apalagi mengantuk pasti ingin langsung pergi tidur atau beristirahat. Terlebih untuk membersihkan bagian yang membutuhkan perawatan khusus seperti wajah, pasti tidak sedikit orang yang menganggap ringan dan tidur dengan kondisi wajah yang masih menempel dengan make-up.

 

Bila Anda juga pernah tidur dalam kondisi masih memakai make up, perlu Anda ketahui bahwa walaupun sesekali hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan yang akan berulang untuk dilakukan, dan ternyata berbahaya bagi kulit wajah anda. Walaupun membersihkan wajah adalah proses yang terasa panjang dan membosankan, kegiatan ini sangat penting untuk Anda yang ingin memiliki kulit wajah yang bebas dari masalah, sehat, serta awet muda.

 

Tidur dengan make up yang masih melekat pada wajah sangat tidak dianjurkan oleh para ahli kecantikan, seperti para dermatologist, dokter kulit ataupun dokter kecantikan. Make up pada wajah sebelum tidur akan memunculkan gangguan pada kulit wajah, diantaranya seperti:



1. Penuaan Dini

Pernahkah anda merasa kulit wajah anda terlihat kusam dan menunjukan garis-garis halus meski usia Anda masih tergolong  muda? Ya itu merupakan tanda penuaan dini, salah satu faktornya adalah terhambatnya proses regenerasi kulit. Tidur merupakan waktu terbaik bagi kulit untuk meregenerasi sel-selnya. Keberadaan make up di permukaan kulit akan menghalangi dan menghambat proses regenerasi kulit secara alami. Akibatnya adalah kulit anda akan terasa lebih kusam dan tua sebelum waktunya.



2. Kulit Kering dan Dehidrasi

Setelah seharian beraktivitas, kulit memerlukan waktu untuk istirahat dan diberi re-hidrasi lebih di malam hari. Namun, jika anda tertidur dengan kondisi wajah yang belum bersih dari make-up, kulit wajah akan sulit untuk bernafas karena tertutup oleh minyak dan debu yang ada oleh sisa-sisa make-up yang masih menempel. 



3. Muncul Jerawat dan Komedo

Ketika anda tidur tanpa membersihkan sisa make up sehabis beraktivitas, hal itu akan menyumbat pori-pori di kulit wajah. Sisa make-up biasanya mengandung kotoran dan debu yang bercampur dengan produksi minyak pada kulit wajah, sehingga akan menutup pori-pori dan menimbulkan jerawat serta komedo.




4. Mudah Iritasi (Peningkatan Sensitivitas Kulit)

 

Bahan kimia yang terkandung dalam make up, baik dalam jumlah yang banyak maupun sedikit, akan terserap oleh kulit wajah. Sisa make-up yang tidak dibersihkan akan membuat kulit wajah anda tertumpuk oleh zat-zat pada make-up yang berbahaya. Akibatnya adalah, kulit wajah anda akan mengalami iritasi serta menjadi lebih sensitif. 




5. Kulit Tidak Ternutrisi

Ketika anda tidak membersihkan muka dari sisa make-up, otomatis anda akan melewati proses “meremajakan: kulit dengan skincare, seperti menggunakan toner, serum, serta pelembab. Padahal, hal itu dibutuhkan bagi kulit untuk menutrisi dan membantu memperbaiki sel-sel yang rusak akibat penggunaan make-up.




Bagaimana menurut Anda, menyeramkan bukan? Tidak membersihkan make-up sebelum tidur memang terlihat sepele, namun akibatnya bisa sangat berbahaya bagi wajah. Sama seperti kesehatan tubuh, kesehatan kulit wajah merupakan investasi jangka panjang untuk tetap sehat dan awet muda.




For more skincare tips, follow us on :

Instagram @drspillerid

Facebook Page Dr.Spiller-Indonesia

Also visit us and shop at www.drspiller.id

from has purchased
about ago